Punya Bisnis Warnet, Begini Cara Mengelolanya !!
Peluang usaha warnet akhir-akhir ini memang semakin
berkembang pesat walaupun kita tahu ada banyak orang yang sudah memiliki ponsel
pintar, laptop, gadget dan lain-lain tapi peluang usaha warnet ini selain
sebagai penyewaan akses internet juga terkadang ada tambahan fasilitas seperti
akses game online, sehingga tidak hanya orang yang berminat dengan internet
saja yang datang tapi juga peminat game - game online. Pada saat ini warnet harus sering update game, dan update hardware agar tidak ketinggalan zaman
Hal ini tentu memberikan peluang yang cukup potensial bagi mereka yang ingin mendirikan sebuah usaha warnet, apalagi jika kita lihat lebih jauh di kawasan perumahan sekalipun usaha warnet ini tetap bisa berjalan dengan baik dan pastinya sangat menguntungkan.
Pemilik Warnet , pemilik warnet yang memiliki semua kepemilikan warnet beserta isinya
Manajer Warnet, orang yang mengelola warnet, mangatur jadwal operasional warnet, mengatur laporan keuangan warnet, mengatur cash flow warnet , mengatur kerja operasional warnet sehingga berjalan dengan baik dan bertanggung jawab kepada Pemilik Warnet
- Bertanggungjawab pada kinerja peralatan IT, komputer beserta servernya
- Memperbaiki / maintanance komputer, monitor, printer dan peralatan inventaris yang ada di warnet
- Memperbaiki game-game yang tidak update, membersihkan file-file yang expired
- Memperbaiki jaringan warnet
- Memberikan service reperasi peralatan IT, bila ada customer yang membutuhkan
- Bekerja dengan sungguh-sungguh, sesuai jadwal yang di tetapkan di dasari dengan rasa kejujuran dan rasa tanggung jawab penuh
- Melayani tugas operator, mengetik, ngeprint, burning CD/DVD, cetak foto, jilid, layanan pembayaran listrik, telkom, pulsa, menerima/mengirim email, faximile dan layanan lainnya yg tersedia di warnet
- Memberikan pelayanan yang menyenangkan dan memuaskan bagi para customer
- Menyambut kedatangan customer, dan mengarahkan ke tempat/net yang kosong, jika masih penuh di harapkan netter untuk menunggu di kursi tunggu
- Memberikan bantuan jika ada customer yang membutuhkan bantuan
- Menjalin hubungan baik dengan pelanggan jadikan semua netter bisa di kenal akrab oleh operator, apalagiGolongan Murid Skul, dan kuliahan, dan selalu mengajak netter untuk mengerjakan tugas di warnet kita.Mengusakahan selalu ada komunikasi dengan netter misal sekolah dimana mbak?, kuliah dimana mas?, terima kasih mas/mbak…
- Menyebarkan informasi tentang warnet kita guna menambah pelanggan, dan mengajak netter/pelanggan untuk mengajak teman-teman mereka untuk nge-net di warnet kita
- Menjaga dan memelihara semua peralatan inventaris yang ada di warnet kita, menjaga agar tidak rusak dan hilang (card reader, kabel data, flash disk, Printer, Sacnner dll)
- Menjaga keamanan keuangan warnet, dan keamanan lingkungan warnet.
- Selalu mengunci laci, ketika sedang tidak berada di meja operator, tidak membiarkan atau memberikan tempat duduk operator di duduki selain operator
- Meminta pembayaran semua minuman dan snack serta lainnya terlebih dahulu ke customer
- Selalu mencatat setiap transaksi yang terjadibaik lewat billing maupun lewat laporan harian operator.
- Membersihkan meja,computer dan telepon / faximile
- Membersihkan kursi
- Membuang sampah
- Membersihkan kaca indoor atau Outdoor.
- Membersihkan sawang-sawang
- Membersihkan kamar mandi meliputi.
- Membersihkan Langit-langit atau sawang-sawang .
- Membersihkan lampu kamar mandi
- Membersihkan dinding kamar mandi
- Membersihkan wastafel dan Cermin
- Membersihkan Closet
- Menyikat atau mengepel kamar mandi
- Membersihkan tempat puntung rokok
- Membersihkan Halaman ( menyapu )
- Perawatan bunga (menyiram Pemupukan,menggemburkan tanah)
- Menyapu lantai atau melobby
- Mengepel lantai dll