Apa yang harus dilakukan sebelum dan ketika menjalani proses bisnis online

Secara sederhana bisnis online diartikan sebagai sebuah kegiatan menjual produk, baik produk barang maupun produk jasa melalui internet dengan menggunakan blog/website sebagai media. Termasuk juga produk non fisik atau produk digital seperti download software, download ebook, download film, download MP3 dan sebagainya.

Kemudian semua produk yang mau anda jual harus dipajang di blog atau website, begitupula semua artikel penawaran jasa yang anda kerjakan. Karena itu keberadaan blog/website itu sebuah keharusan. Dalam artikel ini kata blog dan website saya wakilkan dengan kata "blog" saja.


Berikut ini 3 hal yang harus anda lakukan dalam proses memulai dan menjalani bisnis online.

1. Membuat blog atau website.

Anda memang bisa berjualan menggunakan blog milik orang lain, bisa pula memajang gambar produk dan artikel penawaran jasa di blog terkenal, baik blog berbahasa Indonesia maupun bahasa apapun.

Hanya saja karena anda menumpang di blog orang lain, maka ada ketentuan yang harus anda patuhi, dan terkadang ia akan membuat anda tidak bisa melakukan sesuatu yang anda pikir seharusnya anda lakukan. Berbeda dengan blog milik sendiri, anda bisa lakukan apapun sesuka hati anda. Jadi membuat blog sendiri adalah pilihan terbaik.

Salah satu pilihan populer untuk bisnis online adalah blog blogspot. Blog blogspot ini gratis dan akan online selamanya. Membuatnya mudah dan tidak pake lama.

Untuk membuat blog blogspot silahkan klik cara mudah membuat blog blogspot.

2. Mengelola dan merawat blog.

Anda tidak bisa mengisi blog dengan beberapa artikel atau beberapa belas gambar produk jualan anda, lalu kemudian duduk diam menunggu pembeli menghubungi anda dengan membiarkan blog anda begitu saja. Anda masih harus merawat blog agar selalu sehat dan teroptimasi dengan baik.

Mengapa penting merawat blog ?. Tidak lain agar ia selalu bernilai baik dimata mesin pencari seperti Google. Mengapa mesin pencari Google ?. Google akan menjadi sumber utama dari mana pengunjung yang akan mungkin menjadi pembeli produk anda. Jadi secara terus-menerus anda harus merawat blog anda agar selalu memenuhi standar kualitas Google.

Termasuk dalam kegiatan mengelola dan merawat blog adalah:

a. Memastikan desain blog Search engine friendly.

Desain blog yang search engine friendly itu adalah blog yang semua bagiannya mudah ditelusuri oleh mesin pencari.

Anda memang harus membuat tampilan blog nampak sangat indah, tetapi harus diperhatikan jangan sampai keindahan yang anda ciptakan malah membuat blog lambat loading.

Blog yang nampak sangat indah, seringkali lambat loading. Sementara blog yang lambat loading tidak bernilai baik menurut standar search engine.

b. Mengisi blog secara teratur.

Anda harus mengisi blog secara teratur, misalnya setiap 3 hari sekali 1 artikel, setiap minggu, atau setiap 10 hari sekali. Anda bisa isi blog anda dengan gambar produk, artikel penawaran jasa, artikel apapun sesuai dengan tema blog anda. Misalnya blog anda adalah toko online jualan sepatu, maka anda isi blog dengan artikel seputar sepatu.

c. Memonitor kesehatan blog.

Ini bagian yang sangat penting dan tidak boleh anda abaikan. Terkadang kita terlalu asik menulis posting artikel, terlalu bersemangat menerbitkan gambar produk terbaru, lalu lalai memeriksa kesehatan blog. Akibatnya setelah beberapa bulan peringkat blog kita bagus, lalu tiba-tiba merosot menghilang dari halaman pertama.

Apa yang harus anda lakukan untuk mempermudah anda memonitor kesehatan blog adalah:
  • Mendaftarkan blog di akun google webmasters tool. Ini harus anda lakukan. Akun google webmasters tool akan memberikan informasi yang sangat berguna tentang status kesehatan blog anda. Ia akan memperlihatkan error yang blog anda punya. Tool tersebut akan memberikan hampir semua informasi yang anda butuhkan untuk memonitor kesehatan blog. Memastikan blog anda selalu sehat menurut tool tersebut sama dengan memastikan blog anda memenuhi standar kualitas google.
  • Menggunakan tool analisa pihak ketiga. Kalau menurut anda melihat kesehatan blog mengandalkan Google webmasters tool  saja tidak cukup, ada banyak website yang menyediakan tool-tool atau software yang bisa anda gunakan untuk memonitor kesehatan blog anda atau meningkatkan performa-nya. Kebanyakan adalah software berbayar.
Tetapi sebenarnya tool google webmasters sudah mencukupi untuk memonitor kesehatan blog anda yang masih baru.

3. Mempopulerkan blog dan Belajar SEO.

SEO adalah bagian dari usaha anda mempopulerkan blog selain melalui kehadiran anda dengan mengusung merek blog anda di media sosial semisal facebook, Google+ dan media sosial lainnya. Termasuk dalam usaha mempopulerkan blog adalah dengan menempatkan link menuju blog kita di blog orang lain.

SEO adalah singkatan dari search engine optimization, atau bagaimana cara agar blog anda berperingkat bagus di halaman mesin pencari untuk prasa keyword tertentu.

Mengapa penting tampil bagus di halaman mesin pencari ?, tidak lain agar blog anda mendapatkan kunjungan dari pengunjung yang tertarget. Mengapa pengunjung tertarget ?. Pengunjung tertarget adalah pengunjung yang paling mungkin menjadi pembeli produk jualan anda.

Informasi tentang SEO bisa anda temukan di blog ini, silahkan klik artikel dengan label SEO.

Demikianlah 3 hal yang harus anda lakukan sebelum dan ketika menjalani proses bisnis online.

Subscribe to receive free email updates: